Senin, 22 Agustus 2016

APA PENTING GEREJA BERBICARA TENTANG HAM, JIKA YA/ TIDAK ; JELASKAN APA ALASANNYA ?



(Konteks Sipil Politik & Ekonomi, Sosial, Budaya)
NARA SUMBER : SAUDARI. RIBKA KENELAK
SENTANI, 11 JULI 2016

I.               PANDANGAN PERTANYAAN  KELOMPOK A.

PERTANYAAN KAMI KELOMPOK (A) ADALAH :
*      APA PENTING GEREJA BERBICARA TENTANG HAM, JIKA YA/ TIDAK ; JELASKAN APA ALASANNYA ?

1.       JAWABAN KAMI, KELOMPOK (A) SERENTAK PILIH  YA :

a.  MENGAPA ?
ü   KARENA DENGAN ALASAN KAMI, GEREJA BERKEWAJIBAN MENGAJAK WARGA GEREJA UNTUK MELAKSANAKAN KEBENARAN ALLAH, DALAM CINTA KASIH KEPADA SESAMANYA MANUSIA.
ü  KASIHILAH TUHAN ALLAHMU, DENGAN SEGENAP HATIMU DAN DENGAN SEGENAP JIWAMU DAN DENGAN SEGENAP AKAL BUDIMU.
ü  YANG SAMA DENGAN ITU IALAH: KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI.
b.    PADA KEDUA HUKUM INILAH KETIGA PIMPINAN KEGEREJA GIDI, BAPTIS, DAN KINGMI MEMBELAH HAM HAK YANG BENAR.SESUAI DENGAN SELURUH HUKUM TAURAT DAN KITAB PARA NABI YAITU : TERDAPAT DALAM BUKU PERJANJIAN BARU ( INJIL MATIUS 22 : 37 – 40 ).
c.     KARENA FIRMAN : JANGAN BERSINA, JANGAN MEMBUNUH, JANGAN MENCURI, JANGAN MENGINGINI, DAN FIRMAN LAIN JUGA, SUDAH TERSIMPUL DALAM FIRMAN INI, YAITU :KASIHILAH SESAMAMU MANUSIA SEPERTI DIRIMU SENDIRI.
d.    BAGAIMANA GEREJA BERSIKAP DAN BERTINDAK HAM DI TENGAH MASYARAKAT ?
ü GEREJA HARUS MEMBERITAKAN KRISTUS ( BERSAKSI, MARTURIA) GEREJA HARUS MNYAMPAIKAN BERITA KESELAMATAN ALLAH KEPADA SEMUA UMAT MANUSIA, BAHWA ALLAH TELAH MENYEDIAKAN DIRI-NYA ( DIDALAM KRISTUS) UNTUK MENYELAMATKAN SEGALAH BELANGGU DOSA, DAN MEMBEBASKAN MANUSIA DARI BERBAGAI BENTUK PENINDASAN KEJAHATAN YANG ADA  DITANAH PAPUA YANG DI LAKUIN INDONEIA KEPADA ORANG ASLI PAPUA.
ü GEREJA HARUS MEWUJUDKAN KASIH  KEPALA GEREJA KEPADA DUNIA ( MELAYANI, DIAKONIA) PANGGILAN GEREJA DALAM MELAKUKAN PELAYANAN KASIH BUKAN HANYA PANGGIAN UNTUK MELAKUKAN PELAYANAN KASIH KEDALAM (DIRINYA SENDIRI) SAJA, TETAPI JUGA KELUAR DARI DIRINYA. GEREJA DIPANGGIL UNTUK MENCIPTAKAN KEADILAN HAM, KEADILAN SOSIAL  BAGI UMAT MANUSIA.



2.      JAWABAN KAMI KELOMPOK A SERENTAK PILIH YA :
A. KENAPA ?
ü  KARENA KAMI SECARA SADAR ATAU TIDAK SADAR KAMI SEBAGAI PEMUDA TULANG PUNGGUNG GEREJA GIDI, BABTIS, DAN KINGMI TELAH LEWATI SETIAP PERISTIWA DEMI PERISTIWA DI TANAH PAPUA ADALAH MASALAH :
a)      PERSPEKTIF PELANGGARAN HUKUM DAN HAM DI TANAH PAPUA
b)      PERSPEKTIF EKONOMI DAN LINGKUNGAN HIDUP DI TANAH PAPUA
c)       PERSPEKTIF POLITIK DI TANAH PAPUA
d)      PERSPEKTIF PENDIDIKAN DI TANAH PAPUA
e)      PERSPEKTIF KESEHATAN DI TANAH PAPUA
ü  UNTUK MENGATASI MASALA – MASALAH DI ATAS, SEBAGAI PEMUDA GEREJA HARUS BERSATU DALAM BERDOA DAN PUASA UNTUK MENEMUKAN :
a.       MENCIPTAKAN INDIKAOR SOSIAL DALAM GEREJA DI TANAH PAPUA
b.      MENEMUKAN MASALAH – MASALAH SOSIAL  DALAM GEREJA DI TANAH PAPUA
c.       MENGAMBIL SOLUSI BERSAMA MASYARAKAT DALAM GEREJA DI TANAH PAPUA
d.      SEBAGAI PEMUDA GEREJA MENUNTUT HAM SIAPA PELAKU LEMBAGA INSTITUSINYA.
e.      PERANG / AKTOR ADALAH :
Ø  SETIAP PRESIDEN KETIGA DENOMINASI
Ø  KETIAP PENGURUS FORUM SEGI TIGA
Ø  PARA TEMAN – TEMAN DARI GERAKKAN
Ø  SELURUH PEMUDA DAN PEMUDI KETIGA DENOMINASI
Ø  SELURU MASYARAKAT ADAT KETIGA DENOMINASI DAN TANAH PAPUA
Ø  PARA DOKTER, MEDIS, PERAWAT, BIDAN DESA, DAN MANTRI
Ø  PARA KEPALAH SEKOLAH DAN GURU-GURU PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA, SERTA DOSEN.
Ø  PARA KETUA  YAYASAN, PENGUSAHA, JURU PARKIR, PENJUAL KORANG,
Ø  KHUSUS WARTAWAN ORANG ASLI PAPUA DAN WARTAWAN LUAR NEGERI SELAIN DARI NKRI.
Ø  PARA NARA SUMBER SETIAP MASALAH YANG DI UNDANG OLEH PEMIMPIN KUBUH KITA.
Ø  GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR, PARA BUPATI DPR, PAPUA. DAN  DPR KABUPATEN  KAB-KOTA DAN LAIN – LAIN.
f.        UNTUK MENANGANI MASALAH – MASLAH KONTEKS SIPIL POLITIK ,DAN EKONOMI SOSIAL, BUDAYA SEBAGAI TUGAS GEREJA ,ADA 3 (TIGA) TEMPAT SASARANG UNTUK MEMBERI PEMAHAMAN TENTANG PENDIDIKAN  HAM DAPAT DI MULAI DAN DI LAKUKAN DI :
1)      DI KELUARGA
2)      DI SEKOLAH DAN
3)      DI TEMPAT KERJA
g.    1.  DI KELUARGA :  DALAM KELUARGA UNIT TERKECIL DALAM MASYARAKAT, YANG MASING - MASING ANGGOTANYA TERIKAT DALAM HUBUNGAN UNTUK SALING MENGASIHI, SALING MELENGKAPI,  SALING MEMPERHATIKAN, SALING MENOLONG, DAN SALING MENGHARGAI. JIKA TATA CARA KEHIDUPAN SEPERTI TERSEBUT DAPAT DI LAKSANAKAN DALAM KELUARGA, MAKA KELUAGA ADALAH TEMPAT DIMANA PERTAMA KALI SESEORANG DI AJAR, DIDIDIK UNTUK MELAKUKAN PRAKTEK HAM. KELUARGA MENJADI SARANA DAN PENUNJANG TERCIPTANYA MANUSIA – MANUSIA YANG MENGHARGAI HAM. DENGAN DEMIKIAN, KELUARGA MENJADI SARANA DAN PRASARANA TERCIPTANYA MASYARAKAT YANG MENGHARGAI HAM. MELALUI NILAI NILAI KEBERSAMAAN, NILAI – NILAI KASIH NILAI- NILAI SALING MENOLONG, NILAI – NILAI SALING MEMPERHATIKAN, YANG DI HAYATI DAN DILAKUKAN DALAM KEHIDUPAN KELUARGA. MASING – MASING ANGGOTA KELUARGA MENJADI KONTRIBUTOR ( PENYUMBANG) YANG NYATA BAGI TERCIPTANYA PERDAMAIAN, TERCIPTANYA PENGHORMATAN TERHADAP HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA PAPUA.
h.             2. DI SEKOLAH :  SEKOLAH ADALAH TEPAT, SETELAH KELUARGA DIMANA PENDIDIKAN HAM ( SEHARUSNYA) DAPAT DI BERIKAN KEPADA ANAK – ANAK GENERASI PERSIAPAN BANGSA PAPUA BARAT. YANG DIMAKSUD DENGAN DI BERIKAN ADALAH, SEKOLAH SEHARUSNYA MENJADI TEMPAT DIMANA MATERI – MATERI YANG BERKAITAN MASALAH HAM, DAPAT DIBERIKAN KEPADA ANAK -  ANAK. SEDANGKAN YANG DIMAKSUDKAN DENGAN DILAKUKAN ADALAH,  BAHWA SEKOLAH SEHARUSNYA  MENJADIKAN TEMPAT YANG NYATA BAGI PELAKSANAAN HAM. KEGIATAN DI SEKOLAH PADA DASARNYA BUKANLAH HANYA SEKEDAR KEGIATAN MEMINDAKAN PENGETAHUAN DARI GURU KEPADA ANAK – ANAK DIDIK SAJA. KEGIATAN DI SEKOLAH SEHARUSNYA JUGA MENAJDI TEMPAT DIMANA MANUSIA ( GURU, MURID, KARYAWAN, DAN ORANG TUA) DAPAT MELAKUKAN HUBUNGAN YANG BERSIFAT DINAMIS, ILMU HAM DAN SALING MENGHARGAI. KEGIATAN DI SEKOLAH HARUS MAMPU MENCIPTAKAN HUBUNGAN YANG SALING MEMPERKAYA NILAI – NILAI KEMANUSIAAN. BUKAN SAJA KEGIATAN YANG HANYA MEMINDAHKAN PENGETAHUAN DARI OTAK KE OTAK.
i.      DI TEMPAT KERJA : TEMPAT KERJA MERUPAKAN TEMPAT DIMANA SETIAP ORANG BERFOKUS DEMI NAFKA UNTUK BIAYAH KEHIDUPAN KELUARGA UNTUK MEMENUHI TUNJANGAN PEMBIAYAAN SANDANG DAN PANGAN DISITULAH KITA SEBAGAI PEMUDAH GEREJA MENYAMPAIKAN MASALAH HAM. MASALAH HAM KITA HARUS SOSIALISASIKAN KEPADA MAYARAKAT UMUM DI LINGKUNGAN TEMPAT DIMANA KITA KERJA.
j.       
3.  KAMI KELOMPOK A TIDAK MEMILIH TIDAK : DENGAN ALASAN ?
1. KARENA HUKUM  DAN HAM NKRI TIDAK SESUAI DENGAN MANUSIAWI TERHADAP ORANG ASLI PAPUA MENURUT PANDANGAN( IDEOLOGI LIBELARISME) ADALAH SEBUAH IDEOLOGI YANG MEMPERJUNGKAN IDE TENTANG KEBEBASAN MANUSIA  ( SEBAGAI INDIVIDU) YANG SEBEBAS – BEBASNYA. KEBEBASAN BAGI MANUSIA ADALAH NILAI YANG PALING DASAR. MENURUT IDEOLOGI INI, TIDAK ADA YANG BERHAK MEMBATASI KEBEBASAN MANUSIA UNTUK MELAKUKAN APA SAJA SEBEBAS BEBASNYA, WALAUPUN ITU MENGGANGGU KEBEBASAN ORANG LAIN.
2. TINDAKAN  HUKUM DAN HAM INDONESIA SEMUA HURUF A-Z IDENTIK IDEOLOGI KOMUNISME ADALAH IDEOLOGI INI MENGANGGAP TIDAK PENTINGNYA NILAI KEBERSAMAAN SEBAGAI NILAI YANG PALING UTAMA MENURUT IDEOLOGI KOMUNISME, MANUSIA MEMILIKI KECENDERUNGAN UNTUK MAU MENAN SENDIRI, MAU UNTUNG SENDIRI, DAN MERUGIKAN ORANG LAIN . SEDANGKAN IDEOOGI NEGARA INDONESIA  ADALAH IDEOLOGI PANCASILA ADA LIMA DASAR PANCASILA ADALAH, TELAH GAGAL TERHADAP ORANG ASLI PAPUA. DALAM BERBAGAI BIDANG YAITU:
Ø  PERSOALAN POLITIK
Ø  PERSOALAN EKONOMI
Ø  PERSOALAN SOSIAL
1.       KEADILAN SOSIAL
2.       KONFLIK KESUKUAN DAN RAS
3.       CIPTAKAN KONFLIK AGAMA
4.       TIDAK ADIL DALAN SENSUS PENDUDUK
5.       TINGGINYA PENANGGURAN
6.       PENCEMARAN LINGKUNGAN HIDUP SECARA SENGAJA.
7.       DLL.
Ø DIPINGIRKAN PERSOALAN KEBUDAYAAN ORANG PAPUA
Ø TIDAK MENCIPTAKAN KEAMANAN DI TANAH PAPUA
Ø SAMAKAN PENDAPAT IDEOLOGI ORANG PAPUA DAN KAUM PENDATANG
Ø TIDAK PEMAHAMAN YANG SAMA TENTANG SEJARAH BANGSA WEST PAPUA .


II.             HASIL DISKUSI KELOMPOK A ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
·         PEMUDA GEREJA HARUS KUASAI DAN CIPTAKAN DALAM LAPANGAN KERJA SEPERTI  : SUB SEKTOR BIDANG USAHA :
o   KITA HARUS PUNYA RUKO
o   KITA HARUS PUNYA TOKO
o   KITA HARUS PUNYA KIOS
o   KITA HARUS PUNYA TOKO, M. KIOS
o   KITA HARUS PUNYA RESTORANG
o   KITA HARUS PUNYA WARUNG MAKAN
o   KITA HARUS PUNYA WARNET
o   KITA HARUS PUNYA TRAVEL TIKET
o   KITA HARUS PUNYA RENTAL MOBIL
o   KITA HARUS PUNYA RUMAH SAKIT
o   KITA HARUS PUNYA  KLINIK
o   KITA HARUS PUNYA SEKOLAH TK,SD, SMP, SMA, DAN PERGURUAN TINGGI

·         ALAT KELENGKAPAN :
o   MANAJEMEN STRUKTURAL
o   MODAL
o    SEBIDANG TANAH ( LOKASIH)
o   TENAGA KERJA

·         STRATEGI LAPANGAN KERJA:
o   TANAH KELAS SATU ( DEPAN MATA JALAN)
o   BANGUNAN GEDUNG YANG BEKUALITAS
o   JANGKAUAN DARI PERAMPOKAN
o   TIDAK MELAYANI TAMU SEMBARANGAN
o   UTAMAKAN LOKASI TERMINAL BUS/ TAKSI
·         TEKNISI TENAGA KERJA:
o   ORANG YANG TAKUT AKAN TUHAN
o   DI SIPLIN WAKTU
o   RAJING MENULIS UANG KELUAR DAN UANG MASUK
o   TIDAK MEMINUM MIRAS
o   HEMAT LISTRIK
o   DLL
·         PRIBADI PEGAWAI / TENAGA KERJA :
o   BERPAKAIAN RAPI
o   JUJUR PELAPORANG KEUANGAN
o   JUJUR DAN SOPAN TERHADAP ATASAN
o   SOPAN TERHAP PELANGAN
o    TIDAK PUNYA PEKERJAAN TAMBAHAN  DARI PEKERJAAN UTAMA
o   TIDAK MENGUNDANG TEMAN TANPA ALASAN YANG JELAS
o   JIKA UNDANG TEMAN SE-IJIN ATASAN.
o   DLL.
III.           PENGUSULAN PERTANYAAN DARI KELOMPOK A.
1.       GEREJA DAN BERBAGAI PERKEMBANGAN ( POLITIK, EKONOMI, ETIKA, SOSIAL DAN SEBAGAINYA) YANG TERJADI DALAM MASYARAKAT , ADAKAH KAITANNYA ?
Ø  APA YANG TELAH KITA LAKUKAN ?
Ø  KEPADA SIAPA SAJA KITA MELAKUKANNYA?
Ø  MENGAPA KITA MELAKUKANNYA?
Ø  APA PERASAAN KITA KETIKA KITA MELAKUKANNYA?
Ø  APA PENGARUNYA TERHADAP MEREKA?
Ø  BAGAIMANA SIKAP KITA SEHARUSNYA KEPADA MEREKA?
Ø  DLL.


2.       CARA IDENTIVIKASI KRONOLOGIS PADA SETIAP INSIDEN DI TANAH PAPUA:
o   KAPAN TERJADI ?
o   DIMANA TERJADI MASALAH ?
o   APA PENYEBAB MASALAH ?
o   SIAPA PELAKUNYA ?
o   SIAPA SAKSI MATA ?
o    
3.       PERUBAHAN MASYARAKAT ADAT DAN SOSIAL PADA UMUMNYA, HARUSKAH DISERTAI DENGAN PERUBAHAN GEREJA ?

IV.           MASUKAN/USULAN
1.  ADAKAN SEMINAR - SEMINAR :
o   SEMINAR ROHANI
o   SEMINAR MIRAS
o   SEMINAR HAM
o   SEMINAR SEJARA TANAH PAPUA
o   SEMINAR HIV/AIDS
o   SEMINAR CARA BERPACARAN YANG BAIK
o   SEMINAR  PILIH JODOH YANG BAIK
2.    ADAKAN KURSUS :
o  KOMPUTER
o  KEIBORT
o  GUITAR
o  DRAM
o  TAMBORIN
o  PENGEMUDI ( SOPIR )
o  BAHASA INGGRIS, JEPANG, MANDARIN DAN BAHASA LAIN DIDUNIA
o  PERTUKANGAN KAYU DAN BANGUNAN
o  DAN LAIN – LAIN.
3.    PERLOMBAAN PERSAHABATAN SEGI TIGA :
o  BOLA VOLLY BALL PUTRA DAN PUTRI
o  BOLA SEPAK GAWAN MINI KHUSUS PUTRA
o  BOLA SEPAK TAKRAUW
o  BOLA TENNIS MEJA
o  BACA ALKITAB
o  PEDANG ALKITAB DAN
o  CERDAS CERMAT
4.       PROGRAM TAHUNAN PEMUDA HARUS BERGANDENG TANGAN DALAM PELAYANAN GEREJA, SOSIAL DAN MASYARAKAT:
o   HARI HUT GEREJA GIDI
o   HARI HUT GEREJA BAPTIS
o   HARI HUT GEREJA KINGMI
o   MENGORMATI UNDANGAN DARI GERAKAN
o   MENGHORMATI HARI KEMERDEKAAN BANGSA WEST PAPUA
o   MENGHORMATI HARI PROKLAMSI BANGSA WEST PAPUA.
o   MENGORMATI HARI – HARI PARA PAHLAWAN KITA YANG GUGUR MENDAHULUI KITA, DEMI PERJUANGAN BANGSA WEST PAPUA.
o    
V.                  SEBAGAI KESIMPULAN KAMI DARI KELOMPOK A.
ADALAH :
·         PEMUDA GEREJA MAMPU MENGKRITISI NILAI – NILAI HAM DALAM SEPANJANG PERJUANGAN SAMPAI AKHIR MERDEKA (WE WANT TO, FREEDOM WEST PAPUA)
·         PEMUDA GEREJA MEWUJUDKAN HIDUP YANG BERKEADILAN BERANI BERKATA BENAR DAN MEMBELAH KEBENARAN.
·         GEREJA MENGEMBANGKAN AKSI BERSAMA UNTUK HARI HAM.


Portnumbay, 11 Juli 2016
KETUA GROUP A.

             MR. MARTINUS UTI.

0 komentar:

Posting Komentar